Cacian Terhadap PON Riau,Kini Berbalik Menuai Pujian

Sebelum dimulai Pelaksanaan PON XVIII dan diawal pelaksanaan PON XVIII banyak cacian dan kritikan terhadap PON XVIII. Bahkan beberapa Media Massa memuat berita  dengan judul yang tidak pantas didengar misalnya, " MENDADAK PON ",  "DARURAT PON", PON MINIMALIS “RIAU TIDAK SIAP MENYELENGGARAKAN PON", VENUE PON BELUM RAMPUNG", VENUE PON RIAU TIDAK STANDAR", VENUE PON RIAU ROBOH".  Benarkah kondisinya demikian?  masalah kesiapan infrastruktur utama  dan infrastruktur pendukung lainnya seperti Kesiapan venue PON, masalah akomodasi (Wisma Atlet), Hotel/penginapan yang tidak layak, Transportasi, Jadwal, panasnya cucaca di Riau, Mahalnya harga makanan di Riau, Jauhnya Jarak Penginapan denagn arena pertandingan dan lain sebagainya. Alhamdulillah menjelang Penutupan PON XVIII Riau Tahun 2012, kritikan itu kini malah terbalik dan menjadi pujian bagi Riau sebagai Tuan Rumah pelaksana PON XVIII. Riau berusaha untuk berbuat maksimal hingga terwujudnya Catur Sukses PON XVIII

Berikut beberapa petikan dan kutipan pujian yang dilontarkan oleh Pihak lain terhadap Pelaksanaan PON XVIII : 


GAMAWAN FAUZI (MENTRI DALAM NEGERI)
Setelah saya melihat langsung kondisi Media Center, dan melihat beberapa media center di PON sebelumnya, Riau masih lebih baik, bahkan dari pada media center Seagames lalu. Saya kira untuk Riau, persiapannya sudah maksimal. Dalam sebuah ivent nasional seperti PON maupun seagames, apalagi seagames, tidak ada yang sempurna, tidak ada gading yang tidak retak.

DEDE YUSUF (WAKIL GUBERNUR JAWA BARAT)
Secara umum saya lihat pertandingan berjalan cukup lancar dan aman. Antusiasme penonton juga cukup tinggi. Dari sisi kesiapan venue  sudah cukup baik. Salah satunya venue panjat tebing yang layak untuk menyelenggarakan event yang lebih besar dari PON. Jawa Barat akan belajar banyak dari PON Riau ini. Semua yang baik di PON Riau akan kita upayakan lebih baik lagi di PON Jabar 2016.“Secara umum baik, tinggal bagaimana atlet bisa bertanding dengan maksimal meraih hasil yang maksimal"

VENNA MELINDA (ANGGOTA  KOMISI X DPR RI)
Waduh sangat luar biasa ya. Ini mungkin yang terdetil (terlengkap) se-Indonesia,hampir seluruh fasilitas yang dimiliki media center ini berkelas dan terkesan luks. Fasilitasnya sangat lengkap. Karena saya lihat tadi ada medical corner, kemudian ada tempat istirahatnya. Terus mobile medianya juga lengkap,Media Center Utama ini juga memiliki studio dan peralatan IT yang sudah berkelas. ‘’Jadi luar biasalah, untuk ukuran media center,’’ pujinya.


UTUT ARDIANTO (KETUA KOMISI X DPR RI)
keberadaan venues di Riau sudah berkualitas dan berstandar internasional. Sarana infrastruktur tersebut berperan positif dalam meningkatkan kualitas olahraga serta pembinaan atlet berprestasi.

‘’Kita bangga dengan Riau. Meskipun kita tahu perjalanannya cukup sulit, tapi berjalan lancar. Venues dan sarananya dibangun dengan baik dan berkualitas, sehingga perlu diberikan apresiasi



PERNYATAAN WARTAWAN TV ONE YANG DISAMPAIKAN KEPADA GUBERNUR RIAU H.M.RUSLI ZAINAL (DIKUTIP DARI PERNYATAAN  GUBERNUR RIAU DI RIAU TELEVISI TANGGAL 19 SEPTEMBER 2012 PUKUL 19.30 
"SAYA SUDAH PERNAH MELIPUT BEBERAPA PERTANDINGAN INTERNASIONAL BASKET DI FHILIPINA, VENUE BASKET RIAU LEBIH BAIK DIBANDINGKAN DENGAN VENUE BASKET YANG ADA DI FHILIPINA"


PERNYATAAN PEMRED TOP SKOR YANG DISAMPAIKAN KEPADA GUBERNUR RIAU H.M.RUSLI ZAINAL (DIKUTIP DARI PERNYATAAN  GUBERNUR RIAU DI RIAU TELEVISI TANGGAL 19 SEPTEMBER 2012 PUKUL 19.30 
"SAYA SUDAH PERNAH MENGIKUTI AGENDA OLAHRAGA DI EROPA, TETAPI MEDIA CENTER YANG ADA DISANA TIDAK SELENGKAP MEDIA CENTER UTAMA PON XVIII RIAU"


PERNYATAAN DANURWINDO  YANG DISAMPAIKAN KEPADA GUBERNUR RIAU H.M.RUSLI ZAINAL (DIKUTIP DARI PERNYATAAN  GUBERNUR RIAU DI RIAU TELEVISI TANGGAL 19 SEPTEMBER 2012 PUKUL 19.30 
"SAYA LAMA TINGGAL DI ITALIA, STADION UTAMA RIAU LEBIH BAIK BILA DIBANDINGKAN DENGAN STADION YANG ADA DI ITALIA"


SELVYAYANA HOSEN (PENGURUS KONI PUSAT)
Ketika ditemui di venues menembak  Selvy tidak memungkiri adanya kekurangan. Namun hal itu dapat dimaklumi karena melihat kondisi Riau saat ini.

Beberapa venues, seperti PKM UIN untuk anggar, GOR Beladiri untuk wushu, dan Stadion Atletik yang berada di Rumbai kualitasnya sangat bagus. Dapat dibilang layak untuk mempertandingkan iven-iven lebih tinggi. Peralatan yang dipasangkan di pertandingan merupakan salah satu hal yang sangat penting, dan melihat pelaksanaan, rata-rata semuanya layak dan bagus.

IWAN KWOK (TECHNICAL DELEGATE WUSHU)
Venues yang dipersiapkan untuk Cabor Wushu  sudah maksimal. ‘’Bagus sekali, karena untuk standar gedung beladiri di Indonesia, ini sudah sangat pas’’ .

Tidak itu saja, bahkan ada beberapa venues di Riau yang berstandar internasional. Sebut saja lapangan Panahan di kawasan UIR, Venues squash di Stadion Utama Riau, Sepatu Roda di Siak, atau kemewahan GOR Tribuana pasca renovasi

I NYOMAN BUDIANA (TECHNICAL DELEGATE PANAHAN)
‘’Venue Panahan yang ada sekarang, bisa dibilang terbaik se-Asia Tenggara. Dengan luas lapangan yang ada serta fasilitas pendukung serta kelengkapan, ini sangat bagus,’’

Menurut Nyoman, dari pengalamannya di sejumlah negara termasuk di Indonesia yang sudah menyelenggarakan iven nasional maupun internasional, lapangan panahan Riau masih yang terbaik. ‘’Saya sudah beberapa kali meninjau persiapan PON Riau ini sebelumnya, untuk lapangan panahan PON Riau masih lebih baik dari yang lainnya termasuk beberapan negara lainnya di Asia Tenggara yang pernah menyelenggarakan iven sekelas PON ini’’ .


Ir ASEP SUHENDI (KETUA HARIAN PERSATUAN SEPATU RODA SELURUH INDONESIA)
Venues Sepatu Roda di Siak bisa dimaksimalkan sebagai lokasi penyelenggaraan iven selain PON. ‘’Semuanya tergantung Riau untuk tetap menjaga dan merawat venues. Karena dibanding venues sepatu roda SEA Games, lintasan di Siak lebih bagus.


MUSA (ATLET SOFTBALL PAPUA)
Meskipun kondisi venues untuk tempat duduk penonton belum rampung. Namun dari segi lapangan sangat baik dan layak

‘’Melihat luasnya serta kelengkapan fasilitas pendukung selama pertandingan. Ini sangat bagus". 


ARYA SIDHARTA (WAKIL KETUA PERSATUAN OLAHRAGA DAYUNG SELURUH INDONESIA /PODSI)
Venue dayung di Danau Kebun Nopi Kecamatan Kuantan Mudik, Kuansing terbaik di Indonesia. Selaku pengurus PODSI Pusat ia mengusulkan agar pada ISG 2013 di Riau —yang akan diikuti 57 negara Islam anggota OKI— Kabupaten Kuansing tuan rumah untuk cabang dayung. Selain reprensetatif, lanjutnya, jumlah penonton terbanyak selama lomba dayung di gelar di Indonesia berada di Kuansing. Hal tersebut tak terlepas dari kesukaan masyarakat Kuansing yang demikian tinggi terhadap lomba dayung karena adanya pacu jalur.


MAX BAMBANG SUMATRI (KETUA HARIAN PERSATUAN SQUASH INDONESIA/PSI)
Pihaknya sangat mendukung bila cabang squash bisa ikut dipertandingkan pada ISG 2013, karena Riau sudah memiliki venue bertaraf internasional. Venue squash sangat rapi dan bersih ini membuat para pemain dan penonton bisa menikmati olahraga ini dengan nyaman.

Arena squash terdiri dari empat lapangan yang masing-masingnya dilengkapi dengan penghitung angka digital. Khusus lapangan utamanya dipasang kamera digital. Selain itu didukung pencahayaan lapangan yang sangat bagus sehingga menjadikan arena squash yang sangat memenuhi syarat untuk menggelar pertandingan berskala internasional.
Komentar yang senada juga diutarakan oleh para atlet squash yang berlaga di PON kali ini. Mereka sangat puas dengan kondisi lapangan. Lantai dan dindingnya yang berkualitas membuat permainan mereka menjadi lebih baik lagi. Hal yang tidak kalah penting adalah fasilitas pendukung lainnya seperti toilet yang bersih dengan penyediaan air bersih yang lancar.


SUCIPTO (PELATIH ANGGAR JAWA BARAT)
Venue anggar Riau cukup megah apalagi bila dilihat dari luar.



MURSID WEKA (DEPUTI SEKJEN PSSI)
Stadion Utama Riau mendapatkan penilaian yang memuaskan bagi penyelenggaraan babak Kualifikasi Piala Konfederasi Sepakbola Asia (Asian Football Confederation, AFC) maupun pertandingan internasional lainnya. ‘’Sejauh pengamatan kami, Stadion Utama Riau sudah sangat memuaskan dan sangat layak untuk penyelenggaraan pertandingan internasional

TYAS ANGGORO (ANGGOTA DEWAS LPP RRI)
"Saya kagum sama media center yang mampu menyulap Perpustakaan Wilayah Soeman Hasibuan menjadi tempat awak media. Ini luar biasa, lebih bagus dan menunjukkan Riau lebih siap untuk menggelar PON"




Sumber :
Wawancara Live di berbagai TV



4 komentar:

Anonim mengatakan...

Good job Riau...

Iva Mairisti mengatakan...

bangga jadi budak melayu,,,terharu banget bacanya :')

Anonim mengatakan...

mantafff ...
yangasik.com

Dapah blog mengatakan...

Selamat buat Riau.

Salam sukses selalu...