VENUE WUSHU PON XVIII RIAU

Cabang Olahraga Wushu adalah salah satu Cabang Olahraga yang dipertandingkan dalam PON XVIII Riau tahun 2012. Pemerintah Provinsi Riau telah bekerjasama dengan PT. Chevron Pasifik Indonesia (PT. CPI) membangun venue Cabang Olahraga Wushu di Rumbai Sport Centre.

Pemprov Riau menyiapkan lahan  sedangkan PT CPI fokus pada pembangunan gedung dengan nilai kontribusi sekitar USD 3,78 juta atau sekitar Rp 34 miliar (USD 1 = Rp 9.000). Venue Wushu dibangun dengan luas 4.400 meter persegi dengan kapasitas sekitar 1.500 penonton. Desain bangunan berbentuk oval dengan mengadopsi bentuk pelindung kepala dan sabuk dari salah satu cabang bela diri. Selain itu, gedung ini menerapkan konsep green building dengan memaksimalkan ventilasi dan penerangan alami sehingga dapat lebih menghemat energi.


Tidak hanya selama PON XVIII, kehadiran gedung ini diharapkan juga bisa bermanfaat bagi masyarakat seusai perhelatan akbar olahraga nasional tersebut, misalnya untuk kegiatan seminar, pelatihan, maupun dan kegiatan kemasyarakatan lainnya. Karena itu, penataan lay out gedung bersifat multifungsi atau serbaguna.

                


0 komentar: