Makam Raja Raja Rokan

Keberadaan kompleks Makam Raja-Raja Rokan ini tidak bisa dipisahkan dari eksistensi Kerajaan Rokan pada masa lalu. Secara khusus areal ini merupakan kompleks makam bagi raja-raja Kerajaan Rokan keluarga kerajaan yang diperkirakan mulai difungsikan pada sekitar awal abad ke XVIII atau tahun 1800an. 




Makam Raja-Raja Rokan telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya dengan Nomor Inventaris Cagar Budaya 02/BCB-TB/B/05/2007, Komplek Makam Raja Rokan ini berada di Jl. Sultan Panglima Dalam Dusun Rokan Koto Ruang Desa Rokan Koto Ruang Kecamatan IV Koto Rokan Kabupaten Rokan Hulu.

                                    

Situs Makam berada dilaha datar yang berada tidak jauh dari Sungai Rokan. Makam raja-raja Rokan berada dalam kompleks pemakaman umum. Makam berada di dalam pagar besi. Kompleks makam dilengkapi dengan gerbang/pintu masuk dalam berbahan bata, semen setinggi 3 m. Dalam Komplek Pemakaman ini  setidaknya terdapat 35 makam yang sudah bercampur antara makam kuno dan makam baru. Makam raja-raja Rokan sendiri tidak dapat diidentifikasi, namun dari morfologi nisan makam diperkirakan makam Raja Rokan berjumlah tiga (3) makam. Bangunan makam sudah dilengkapi dengan jirat berbahan batu sungai yang direkatkan dengan cor semen. Makam sudah dikategorisasikan pada makam Islam, terlihat pada orientasi nisan makam sudah Utara-Selatan. Nisan makam Raja Rokan menggunakan bahan batu granit berwarna abu-abu kehitaman. Pada makam raja-raja Rokan terdapat duabentuk nisan yaitu, bentuk nisan pertama berbetuk bulat seperti gada dengan ukuran 64 x 18 cm, sedangkan nisan kedua berbentuk kerucut dengan ukuran 43 x 18 cm. Kedua bentuk nisan ini terbuatdari batu andesit yang berbentuk gada




Cara Menuju ke Lokasi Istana Rokan, Rokan Hulu

Untuk mengunjungi Makam Raja  Rokan  yang berada di Kecamatan Rokan IV Koto Kabupaten  Rokan Hulu, sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi, baik roda empat maupun roda dua. Apabila Anda memulai perjalanan dari pusat Kota Pekanbaru, Anda harus menempuh perjalanan  lebih kurang sejauh seratus enam puluh lima kilometer , dengan waktu tempuh normal 3 hingga 3,5 jam perjalanan. Perjalanan dilakukan menuju Rokan IV Koto Kabupaten Rokan Hulu dari Pekanbaru dapat dilakukan melalui  akses Jalan yaitu melewati Jalan Bangkinang serta melewati Jalan Petapahan (via Garuda Sakti Pekanbaru). Untuk memudahkan perjalanan, Anda bisa menggunakan google map yang lebih akurat untuk menemukan lokasi yang Anda cari. 

0 komentar: