TUGU PROKLAMASI

Eks Kantor PU Riau yang kini telah berubah fungsi Menjadi Ruang Terbuka Hijau Tunjuk Ajar Integritas terdapat sebuah Tugu, dan disinilah dulunya Bendera Merah Putih Pertama kali berkibar di Kota Pekanbaru, dan Tugu ini di sebut dengan Tugu Proklamasi.


Kemerdekaan Indonesia diawali dengan Pembacaan  Proklamasi oleh Soekarno dan Muhammad Hatta, pada 17 Agustus 1945, baru sampai ke telinga pemuda di Pekanbaru, Riau, lima hari kemudian, 22 Agustus 1945. 

Kabar Proklamasi Kemerdekaan Indonesia itu diterima melalui telegrafis Pemuda PTT Pekanbaru, Basrul Jamal. Namun, ia belum berani mengungkapkannya kepada pemuda lain karena situasi Pekanbaru ketika itu masih dikuasai Jepang, negara yang kalah perang. 

Berselang delapan hari kemudian, 30 Agustus 1945, barulah Basrul Jamal dan para pemuda tergabung dalam Angkatan Muda PTT Pekanbaru, kemudian menyebarluaskan teks Proklamasi tersebut, usai mendapat kabar kepastian utusan yang datang dari Sumatare Barat. 

Bendera Merah Putih itu dijahit oleh Zalidar, kakak perempuan Basrul Jamal. Bendera merah putih itu dikibarkan pada tanggal 12 September 1945, pada  Saat pengibaran Bendera Merah Putih tersebut dihadiri oleh Tokoh Pemuda dan Pejuang Riau saat itu yaitu : Basrul Jamal, Mansyurdin ,Umar Usman, Datuk Mangku, Wan Abdurrahman, Hasan Basri, Toha Hanafi, Bermawi, Abu Bakar Abduh, Agus Ramadhan, Raden Yusuf, Raden Selamat, Amat Suka


0 komentar: