Temu Sastrawan Nusantara Melayu Raya



Temu Sastrawan Nusantara Melayu Raya (Numera) di Padang, Sumatera Barat, INDONESIA, yang akan berlangsung pada 16-18 Maret 2012 murni kegiatan yang mengusung sastra dan budaya. Tidak ada unsur kepentingan lain di dalamnya, apalagi politik. Acara ini bersifat silaturahim sesama sastrawan dan terkhusus penulis-penulis muda yang diharapkan menjadi penerus tongkat estafet bangsa, mewarisi nilai-nilai budaya Melayu yang menjadi akar kebudayaan Indonesia, dan negeri-negeri serumpun Melayu lainnya.

  UNDANGAN :


Kepada
Yth. Bapak/Ibu/Tuan/Puan/Saudara (i)
Sastrawan Numera dan Penulis Muda
Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam,
Singapura, Thailand
 
di-
Tempat

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kami doakan semoga Bapak/Ibu/Tuan/Puan/Saudara (i) dalam keadaan sehat walafiat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik.

Kami beritahukan bahwa Temu Sastrawan Numera (Nusantara Melayu Raya) untuk pertama kali akan dilaksanakan di Padang, Sumatera Barat, INDONESIA, pada 16-18 Maret 2012. TSN-1 ini bertema “Sastra, Bahasa, dan Budaya Melayu”. Rangkaian kegiatan meliputi: Seminar Internasional, Silaturahim Sastrawan, Lomba Baca Puisi, Bazar dan Peluncuran Buku, Malam Baca Puisi bersama Sastrawan Numera, serta Wisata Sastra.

Sehubungan dengan itu, kami mengundang Bapak/Ibu/Tuan/Puan/Saudara (i) para Sastrawan dan penulis muda dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Thailand, untuk mengikuti kegiatan ini. Panitia menyediakan penginapan, makan-minum, sertifikat, transport lokal, serta cenderamata selama 2 hari (16-17 Maret). Mengingat keterbatasan dana, panitia tidak menyediakan biaya transportasi peserta undangan dari tempat asal ke lokasi tujuan (PP).

Demikian Undangan ini kami kirimkan, atas perhatian, kerjasama dan partisipasi Bapak/Ibu/Tuan/Puan/Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Wassalam,

Padang, 20 Januari 2012
Panitia Temu Sastrawan Numera-1


Catatan:
 Informasi dan permintaan Undangan dapat diajukan ke email: numeraindonesia@yahoo.com atau via pesan (sms) ke nomor 0813 7444 2075.

UNDANGAN TERBATAS!!!

***

SEKILAS│AGENDA TSN 1

TEMA


“Sastra, Bahasa dan Budaya Melayu”
LOMBA BACA PUISI PADANG
Lomba ini digelar pada tanggal 14 Maret 2012, lebih awal sebelum kedatangan rombongan sastrawan Numera, bertempat di Taman Budaya Padang*). Diikuti 50 siswa tingkat SLTA se Kota Padang. Peserta Lomba Baca Puisi akan membacakan puisi-puisi karya pemenang Lomba Cipta Puisi Padang 2011 yang diselenggarakan oleh Alumni Don Bosco (IADB) Padang akhir 2011 lalu. Koordinator lomba baca puisi Romi Zarman. Tiga pemenang mendapat kesempatan membaca puisi bersama Sastrawan Numera.
SEMINAR INTERNASIONAL
Seminar Internasional “Sastra, Bahasa dan Budaya Melayu” diikuti oleh seluruh peserta TSN 1 yang terdiri dari para sastrawan-sastrawan Indonesia-Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Singapura, Thailand, dll. Para sastrawan diundang secara terbuka untuk mengikuti acara ini. Selain sastrawan, pembicara juga terdiri dari Cendekiawan, Sejarahwan, Antropolog, yang ditunjuk mewakili masing-masing negara dipandu oleh moderator. Disamping para sastrawan, peserta seminar juga diundang guru-guru dari berbagai disiplin ilmu dengan jumlah maksimal 500 peserta. Penanggung jawab Acara Zusnelly Zubir, dan kepanitiaan dari Masyarakat Sejarahwan Indonesia (MSI) Sumbar.

SILATURAHIM SASTRAWAN
Silaturahim Sastrawan Numera bertujuan untuk mengkaji persoalan-persoalan terkait budaya dan sastra Melayu. Kegiatan ini khusus diikuti para sastrawan yang diundang dari negara-negara rumpun melayu. Kegiatan diskusi di Taman Budaya Sumatera Barat*). Diharapkan akan lahir berbagai pemikiran dan rekomendasi tentang persiapan kegiatan TSN di tahun-tahun yang akan datang. Boleh jadi Sumatera Barat menjadi tuan rumah kembali, tetapi tak tertutup kemungkinan juga daerah-daerah lainnya di Tanah Air ikut berpartisipasi menjadi Tuan Rumah. Tujuannya satu, agar semangat TSN dapat menyebar ke seluruh pelosok negeri.

BAZAR DAN LAUNCHING BUKU
Pada kesempatan ini juga akan diluncurkan Buku Puisi karya penyair-penyair muda Indonesia (150 puisi) yang lolos seleksi dan sebelumnya mereka mengikuti Lomba Cipta Puisi Padang 2011. Peluncuran ini bersamaan dengan acara Silaturahim Sastrawan yang bertempat di Taman Budaya Padang*). Pemenang lomba cipta puisi Padang yang sebelumnya diberangkatkan ke Malaysia dalam agenda Wisata Sastra juga diharapkan hadir dalam acara peluncuran ini. Selain itu, diadakan juga pameran buku karya para sastrawan dan penulis-penulis muda yang telah menerbitkan buku.

PERSEMBAHAN KARYA SASTRAWAN NUMERA
Persembahan karya Sastrawan Nusantara Melayu Raya berupa baca puisi, fragmen, dengan diselang selingi musikalisasi puisi dari Sumbar Talenta, Komunitas Sastra yang terpilih, komunitas teater yang terpilih, juga penampilan musik tradisi.

WISATA SASTRA
Seluruh peserta TSN yang diundang (selama 2 hari, 16-17 Maret) mendapat fasilitas akomodasi dan penginapan serta transportasi dari penginapan ke lokasi acara (transportasi dari daerah asal peserta (PP) ditanggung masing-masing peserta. Di penghujung acara peserta akan mengikuti agenda Wisata Sastra, di samping mengunjungi objek-objek wisata yang ada di Kota Padang.
PROGRAM│JADWAL KEGIATAN

JUMAT, 16 MARET 2012

Pukul 10.00 WIB – 18.00 WIB 
Peserta melakukan Registrasi dan Chek in ke penginapan.
   
Pukul 19.00 WIB – 22.00 WIB 
Welcome Dinner, jamuan makan malam di Palanta Rumah Dinas Walikota Padang. Dalam acara ini Walikota dan Ketua DPRD Padang menyampaikan Pidato Kebudayaan. Acara dibuka dengan tari Pasambahan, dibawakan anak-anak Talenta Sumbar.
Pukul 22.00 - ..Kembali ke penginapan.
SABTU, 18 MARET 2012-01-07

Pukul 8.00 WIB – 12.30 WIB 
Seminar Internasional. Tempat di auditorium Museum Adityawarman Padang. Pembicara: Sastrawan, Budayawan, Sejarahwan, Antropolog, Cendekiawan, yang ditunjuk mewakili negara-negara yang diundang. Beberapa panelis yang terpilih (akan ditetapkan dalam rapat). Peserta para sastrawan dan guru se Sumatera Barat.
Pukul 12.30 WIB – 13.30 WIB
 Istirahat, Shalat, Makan.
Pukul 14.00 WIB - 16.00 WIB 
Silaturahim Sastrawan Numera. Acara ini berbentuk diskusi sesama sastrawan, membicarakan berbagai persoalan terkait sastra Melayu dan perkembangannya. Perlu membicarakan juga masa depan sastra Melayu. Tempat di Taman Budaya Padang*).
Pukul 19.00 WIB – 24.00 WIB (Makan Malam di penginapan pukul 18.00) 
Malam baca Naskah Numera (puisi, cerpen, fragmen novel) karya sastrawan Indonesia-Malaysia dan sastrawan negara yang diundang lainnya. Pemenang Lomba Baca Puisi tingkat SLTA yang diadakan pada tanggal 14 Maret 2012, diundang khusus untuk ikut membaca puisi dalam kegiatan ini. Tempat di Ruang Teater Utama Taman Budaya Padang*).
MINGGU, 18 MARET 2012

Pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB 
City tour Pantai Padang, Keripik Balado Mahkota/Christine Hakim, Jembatan Siti Nurbaya, Kota Tua, Teluk Bayur, Unand, Bypass. Wisata Sastra ke Rumah Puisi*).
Pukul 12.00 WIB -16.00 WIB (Acara bebas, penginapan bebas) 
Wisata belanja ke Kota Jam Gadang Bukittinggi. Peserta dipersilakan menikmati kuliner nasi Kapau di Pasar Atas Bukittinggi serta mengunjungi sejumlah objek wisata, seperti Taman Panorama dan Lobang Jepang.
Pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB 
Kembali ke Padang. Peserta bermalam di penginapan (jika masih memerlukan penginapan, panitia dapat membantu menghubungkan dengan penginapan di Padang, namun biaya ditanggung oleh masing-masing peserta), dan keesokan harinya Chek Out dari penginapan untuk kembali ke daerah masing-masing.






PETUNJUK TEKNIS (JUKNIS) KEDATANGAN PESERTA
TEMU SASTRAWAN NUSANTARA MELAYU RAYA (TSN)
PADANG, 16-18 MARET 2012
Temu Sastrawan Nusantara Melayu Raya Raya (TSN) yang berlangsung di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 16-18 Maret 2012, tinggal menghitung hari. Segala persiapan panitia untuk menyelenggarakan acara ini sudah hampir mendekati 100 persen kerja. Artinya, tinggal menerima kedatangan tamu dan menggelar sejumlah kegiatan-kegiatan yang direncanakan sebelumnya.
Sebagai PANDUAN PESERTA dalam mengikuti kegiatan ini, berikut kami sampaikan beberapa hal teknis terkait kedatangan dan kegiatan-kegiatan TSN:
A. KEDATANGAN
  1. Peserta TSN diharapkan sudah tiba di Padang pada tanggal 16 Maret 2012 dan melakukan registrasi ulang paling lambat pukul 17.00 WIB di Sekretariat Panitia.
  1. Penjemputan peserta TSN di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang dilakukan oleh panitia dari pukul 10.00 s/d 13.00 WIB.
  1. Kedatangan peserta di bandara lewat dari pukul 13.00 WIB, panitia mengarahkan agar peserta naik angkutan umum, yaitu taksi (dengan tarif ongkos l.k. Rp50-70 ribu,- atau Bus DAMRI dengan tarif ongkos Rp. 20.000/orang.
  1. Lokasi pendaftaran ulang peserta (Sekretariat Panitia) dipusatkan di Asrama Haji Parupuak Tabing, Padang.
  1. Khusus Peserta TSN dari Luar Negeri (Singapura, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam) diinapkan di Hotel Bunda, Jalan Bundo Kanduang, Padang (pembagian kamar akan diatur oleh panitia)
  1. Peserta TSN dari dalam negeri (Indonesia) akan diinapkan di Wisma Asrama Haji Parupuak Tabing, Padang (pembagian kamar akan diatur oleh panitia).
  1. Khusus peserta yang berdomisili di dalam kota Padang, panitia tidak menyediakan penginapan. Penginapan diprioritaskan untuk peserta di luar kota Padang dan luar negeri. (keadaan ini dimohonkan kemakluman).
B. RUNDOWN KEGIATAN
JUMAT, 16 MARET 2012 (PEMBUKAAN TSN)
Pukul 18.30 WIB - 19.00 WIB
- Peserta menuju Palanta Rumah Dinas Walikota Padang
- Peserta disambut dengan Tari Pasambahan
(Peserta dijemput oleh bus pengantar dari penginapan ke Palanta Rumah Dinas Walikota)
Pukul 19.40 WIB – 22.00 WIB
- Pembukaan TSN
- Pembacaan doa
- Sambutan Ketua Pelaksana
- Sambutan Ketua DPRD Kota Padang
- Welcome dinner
- Penyerahan cenderamata
- Hiburan
- Peserta kembali ke penginapan
SABTU, 17 MARET 2012
Pukul 08.00 WIB – 12.30 WIB
Seminar Internasional Budaya Nusantara Melayu
Tempat:
1. Aula Auditorium Museum Adityawarman
2. Teater Utama Taman Budaya Sumatera Barat
Pukul 12.30 WIB – 13.30 WIB
ISHOMA
Pukul 13.30 WIB – 17.00 WIB
Lanjutan Seminar dan Sesi Diskusi
Pukul 17.00 WIB – 19.00 WIB
ISHOMA
Pukul 19.00 WIB – 24.00 WIB
SILATURAHIM SASTRAWAN dengan agenda:
1. Peluncuran buku karya peserta TSN.
2. Malam baca puisi bersama sastrawan dan penyair muda.
3. Ramah Tamah.
Pukul 24.00 WIB – 00.00
Peserta kembali ke penginapan
MINGGU, 18 MARET 2012 (ACARA TAMBAHAN)
Pukul 08.00 WIB – 10.00
City tour kota Padang
Pukul 10.00 WIB – 13.00 WIB
Wisata Sastra ke Rumah Puisi Taufiq Ismail di Aie Angek, Tanah Datar.
Pukul 13.30 WIB – 16.00 WIB
Acara bebas.
Pukul 16.00 WIB – 18.00 WIB
Kembali ke Padang (selesai)
SAYONARA!
Keterangan:
1.   Fasilitas penginapan diberikan kepada peserta hanya untuk tanggal 16-17 Maret 2012.
2.   Bila pada tanggal 18 Maret 2012 malam peserta masih ingin menginap, biaya penginapan ditanggung oleh masing-masing peserta.
3.   Juknis ini bersifat TENTATIF, sewaktu-waktu dapat berubah sesuai situasi dan kondisi di lapangan.
Padang, 10 Maret 2012
Tertanda
PANITIA TSN
Catatan:
1.   Juknis ini dikirimkan ke alamat email masing-masing peserta serta diposting di blog panitia: www.numeraindonesia.blogspot.com yang ditujukan sebagai pedoman kedatangan peserta.
2.   Kegiatan-kegaiatan peserta di luar Juknis ini menjadi tanggung jawab masing-masing peserta.
CONTACT PERSON PANITIA:
Muhammad Subhan (0813 7444 2075)
Romi Zarman (0852 6396 1056)
Zusneli Zubir (0813 9224 0062)
Sastri Bakry (0877 9201 1258)

2 komentar:

Misbul Abdillah mengatakan...

Salam seiring berjalan....
great, terimakasih atas info nya pak cik' semoga barokah' amin...

sendu senda merenda
@abdi_cakrawala
misbulabdillah.blogdetik.com
pak ,ikut pak...

stn mengatakan...

Dari kalimantan timur insyaallah hadir tiga org; Korrie Layun Rampan, Syafril Teha Noer, dan Herman A Salam.