SOTO PEKANBARU

Terubuk Bengkalis bertulang manis
Kelapa berpadu Kuini laksamana kuning
Bercita rasa hidangan rakyat di majelis
Asalnya dari Bumi Melayu Lancang Kuning

Riau menyimpan banyak keunikan, salah satunya kekayaan cita rasa dalam kuliner khas tanah melayu. Kuliner Tanah melayu patut untuk dicicipi keunikan dan kelezatannya, salah satunya adalah SOTO PEKANBARU. Soto Pekanbaru sungguh unik dan berbeda dengan soto lainnya. Soto Pekanbaru menggunakan mie sagu pilihan dan terbaik, sagu merupakan kuliner khas Selat Panjang Riau, soto lain biasanya menggunakan mi atau bihun. Selain itu yang membedakan Soto Pekanbaru dan Soto lainnya adalah adanya ikan salai dan udang sebagai  pengganti ayam dan daging yang ada di soto lain.    

Kombinasi Sagu, Ikan Salai dan Udang yang menjadi pembeda Soto Pekanbaru dan Soto lainnya. Sagu,Ikan Salai dan Udang di riau adalah kuliner khas  Riau. 

Soto Pekanbaru memiliki cita rasa tersendiri karena ada ikan salai dan udang.  Di Pekanbaru, Soto ini tidak dijual secara umum dan soto ini hanya dapat dijumpai di Hotel Aston Jalan Jendral Sudirman Pekanbaru. Semoga kedepannya Soto pekanbaru ini dapat kita jumpai di Jalanan dan tentunya dengan harga yang lebih murah. Di Hotel Aston Soto Pekanbaru ini per-mangkuknya dijual dengan harga Rp.50.000., harga yang wajar untuk sebuah citarasa masakan khas melayu.