DESA WISATA PULAU BELIMBING

Desa Pulau Belimbing adalah salah satu Desa yang berada di Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Desa ini dijadikan sebuah Desa Wisata, di Desa ini banyak dapat kita jumpai Rumah - Rumah Tua yang sudah berumur ratusan tahun, dan sebagian besar rumah tersebut berbentuk Lontiok dan dikenal sebagai Rumah Lontiok yaitu Rumah Adat Kampar.
Desa Wisata Pulau Belimbing ini jaraknya sekitar 70km dari Kota Pekanbaru.  Transportasi umum untuk tujuan Desa Wisata Pulau Belimbing sangatlah banyak ,kita bisa menggunakan transportasi umum yang biasa disebut Superben atau travel. Dari Pekanbaru tepatnya di Daerah Simpang Baru Panam kita bisa menemui Travel atau Superben tujuan Bangkinang ataupun Tujuan Pasir Pengaraian,dengan biaya 15ribu nantinya kita akan diantarkan ke depan pintu Gerbang Desa Wisata Pulau Belimbing. Jarak dari depan Pintu Gerbang Desa Wisata Pulau Belimbing ke Desanya lebih kurang 2km, dan kita bisa berjalan kaki atau menggunakan transportasi ojek dan kita juga bisa  meminta tumpangan kepada masyarakat sekitar. 
Di Desa Pulau Belimbing juga terdapat sebuah Museum yaitu Museum Kandil Kemilau Emas museum ini berbentuk Rumah Lontiok yang menyimpan  berbagai koleksi yang memiliki nilai sejarah seperti Barang tembikar, Alat Pertukangan, Alat Pertanian, Alat-alat penangkap ikan, alat-alat kesenian, Alat-alat pelaminan, Alat-alat perdagangan, Alat pesta dan lain-lain.
Museum Kandail Kemilau Emas yang berbentuk Rumah Lontiok
Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadhan maka masyarakat di desa Wisata Pulau Belimbing  Kecamatan Bangkinang menggelar acara yang sudah menjadi tradisi sejak lama yakni lomba pacu tongkang melawan arus Sungai Kampar.