TRADISI PENGOBATAN TRADISONAL BELIAN

Belian adalah tradisi pengobatan Tradisional yang dapat di jumpai di Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Pengobatan Tradisional Belian kini sudah jarang kita jumpai, hanya dapat kita jumpai di event Promosi Wisata dan Budaya Pelalawan.

Properti yang digunakan dalam pengobatan belian
Sebelum tahun 1970 Desa Segati Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan tidak mengenal pengobatan kesehatan medis dan mereka lebih mempercayai Belian sebagai metode pengobatan yang cukup ampuh.Dan pada tahun 1970an masyarakat Segati telah mengenal denga Pengobatan medis, sehingga keberadaan Belian kian terpinggirkan.

Properti atau alat yang digunakan dalam pengobatan belian antara lain : Gendang (untuk mengiringi selama ritual pengobatan berlangsung), Puan (Daun Kelapa atau janur), Lancang Tangguk Alam ( Batang Kelubi yang dibentuk seperti perahu/lancang),  Lilin dan Limau

Ritual Pengobatan Belian ini dipimpin oleh Kumantan, Kemudian juga ada Bujang Kemayu (Mengiringi dengan nyanyian), Bujang Ketabung (Pemain gendang), Tukang Racik Limau .

Salah satu metode pengobatan Belian
Limau yang telah diracik dimasukkan kedalam suatu wadah kemudian dijampi-jampi dengan berbagai macam mantra oleh Kumantan. Kemudian Kumantan berjalan mengelilingi Puan (Daun Kelapa atau janur), Lancang Tangguk Alam ( Batang Kelubi yang dibentuk seperti perahu/lancang), pada saat itu tubuh kumantan telah dimasuki oleh makhluk lain dan kumantan dalam keadaan tidak sadar, dan pada saat inilah dia mengobati seseorang dengan cara menyentuh dan meniup-meniup di bagian tubuh yang sakit.

Sedang Kerasukan sambil berkeliling mengelilingi properti belian

2 komentar:

rental mobil mengatakan...

Very nice photo sot, thanks for sharing.

Anonim mengatakan...

kumantan ini apa artinya? karena ditempat saya di bangkinang ada nama desa kumantan