Advertorial : Peresmian 21 Mega Proyek Pembangunan Riau senilai 1, 1Triliun

Gubernur Riau HM Rusli Zainal meresmikan 21 proyek pembangunan senilai Rp 1,1 triliun. Acara dipusatkan di halaman Sport Center Rumbai, Kamis (14/3/13). Hadir di acara itu, Muspida Riau, seluruh kepala dinas, kepala badan, tokoh masyarakat, pejabat Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru. Ini merupakan langkah awal menuju Riau baru sebagai pusat pertumbuhan ekonomi nasional wilayah barat Indonesia dalam dalam mewujudkan Visi Riau 2020, yang menjadikan Riau sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, kebudayaan Melayu yang agamis di Asia Tenggara.


Gubernur Riau H.M. Rusli Zainal berharap momen ini menjadi titik awal menuju  Riau baru, menuju cita-cita besar ke depan, menjadikan Riau sebagai  pertumbuhan baru ekonomi nasional kawasan barat, dan Gubri juga berharap suatu saat nantinya, Riau bukan suatu hal yang mustahil akan menjadi pintu gerbang Infrastruktur Asia, yang sudah dimulai dari beberapa kawasan Timur Pantai Sumatera. Kawasan Pantai Timur yang dimaksud Gubri ini meliputi, pembangunan kawasan mulai dari Pelabuhan Dumai, Kuala Enok Kabupaten Indragiri Hilir dan Pelabuhan Buton Kabupaten Siak. Hingga kini, semuanya masih dalam tahap pengembangan.

21 mega proyek bernilai 1,1 trilyun tersebut terdiri dari berbagai infrastruktur bangunan, sarana jalan, sarana olahraga, sarana keagamaan dll. Dalam sambutannya , Gubri mengatakan pembangunan ini tidak hanya untuk mengejar ketertinggalan Riau tetapi juga  marwah dan prasasti generasi masa mendatang dan pengabdian kita masa mendatang.Dalam kesempatan ini Gubri mengaku, masih banyak proyek Pemprov Riau yang belum diresmikan salah satunya Main Stadium. dan ujar Gubri dalam waktu dekat Main Stadium Riau tersebut akan diresmikan. 


Selain itu Gubri Rusli Zainal berharap cita-cita besarnya dapat dilanjutkan  oleh pemimpin-pemimpin Riau nantinya. Pembangunan Riau ini, tidak boleh padam. Harus kita teruskan, harus kita dukung bersama,Proyek yang diresmikan ini tidak hanya milik kita hari ini. Tapi juga milik anak cucu kita. Kita harus mengejar ketertinggalan pembangunan kita dengan kerja keras,” ujar Gubri.

Adapun 21 mega proyek senilai 1,1trilyun yang diresmikan oleh Bapak Gubernur Riau H.M.Rusli Zainal, sebagai berikut :

  1. Hall Basket di Sport Center Rumbai Pekanbaru
  2. Hall Senam Sport Center, Rumbai.
  3. Gelanggang Remaja Pekanbaru
  4. Venue Sepak Takraw
  5. Gedung Aquatic Sport Center Rumbai
  6. Venues Atletik
  7. Venus Panjat Tebing
  8. Venue Base Ball
  9. Venue panahan
  10.  Venue Volley Indoor 
  11.  Venue Tenis Lapangan
  12. Asrama Atlit
  13. Fly Over Tuanku Tambusai
  14. Fly Over Imam Munandar
  15. Jalan Akses Bandara Sultan Syarif Kasim II dan Jalan Naga Sakti
  16. Menara Bank Riau Kepri
  17. Kantor Dinas Perhubungan Riau
  18. Gedung Dekranasda Riau
  19. Gedung VIP Lancang Kuning Bandara Sultan Syarif Kasim II
  20. Tugu Titik 0 km atau Tugu Zapin
  21. Masjid Al Hidayah