Bono Menyapa Indonesia dan Dunia

Bono Sungai Kampar merupakan rahasia alam dan fenomena alam yang unik yang berada di kabupaten Pelalawan provinsi Riau. Bono Sungai Kampar memiliki suara menderu yang dasyat . Ombak Bono Sungai Kampar merupakan gelombang yang panjang yang panjangnya mampu mencapai 60km dengan kecepatan rata-rata  40 km per jam dengan ketinggian gelombang mencapai 6meter.
 
Kini Pemerintah kabupaten pelalawan dan pemerintah pusat melalui kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berusaha mempromosikan Bono Sungai Kampar menjadi Ikon Wisata Alam di Indonesia. Bahkan pemerintah Pusat dan daerah khususnya Kabupaten pelalawan  berkomitmen untuk mewujudkan Wisata Bono menjadi Wisata Tujuan Internasional. Dalam sebuah acara Focus Discussion Grup (FGD) dengan tema Membangun Kesepahaman dan Kesepakatan Bersama dalam Upaya Pengembangan Wisata Bono menjadi Ikon Wisata Internasional, yang diselenggarakan di Hotel Pangeran Pekanbaru pada tanggal 31 Mei 2012 lalu dicapai suatu kesepakatan dan komitmen untuk menyegerakan pengembangan pariwisata bono sebagai kawasan wisata dunia dari Riau. Termasuk diantaranya pembentukan tim nasional di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. dan WISATA BONO DIHARAPKAN MENJADI WISATA FENOMENA ALAM YANG LANGKA DIDUNIA DAN DAPAT MENJADI IKON WISATA DUNIA PADA TAHUN 2015.
 
                     
Berbagai upaya promosi telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten pelalawan diantaranya dengan mengundang surfer Indonesia dan Asing untuk datang ke Wisata Bono Sungai Kampar dan mendokumentasikan aktivitas peselancar tersebut. Tiap tahunnya Pemerintah Kabupaten pelalawan juga rutin menyelenggarakan event budaya Tirta Bono. Bahkan baru-baru ini Pemkab Pelalawan mengadakan sebuah acara Bono Offroad Extreme 2013. Melalui Bono Sungai Kampar Kabupaten Pelalawan menyapa Indonesia dan Dunia untuk hadir menyaksikan dan merasakan dasyatnya ombak di Sungai Kampar.
                      

Upaya yang dilakukan pemerintah selama ini dengan menyapa Indonesia dan Dunia melalui objek Bono, cukup membuahkan hasil. Steve King peselancar profesional asal Inggris pemegang beberapa rekor dunia berkeinginan untuk menaklukkan Ombak Bono SUngai Kampar, Steve King akan memecahkan rekor dunia "Guinness World Records" pada 9-14 Februari 2013. Steve King akan  memecahkan rekor dunia berselancar di atas gelombang Bono dengan jarak tempuh terpanjang dan terlama.
Steve King dibantu oleh peselancar lainnya yaitu  Steve Holmes dan Nathan Maurice dari Inggris dan juga  Fabrice Colas dan Dominique Avrilleau dari perancis.


Bono Sungai kampar merupakan salah satu objek Wisata Alam yang akan menanti kehadiran kita semua dengan keramahtamahan masyarakat Teluk meranti dan kuliner khas Teluk meranti. Untuk menuju ke Lokasi Bono Sungai Kampar dapat mengklik link berikut : Lokasi Bono Sungai kampar

0 komentar: