Tugu Equator Lipat Kain

Provinsi Riau merupakan salah satu daerah yang dilewati Garis Equator (Garis Khatulistiwa). Terdapat dua daerah di Riau yang dilewati Garis Equator (Garis Khatulistiwa) yaitu Pangkalan Lesung (Kabupaten Pelalawan) dan Lipat Kain (Kabupaten Kampar). 

Salah satu Tugu Equator (Tugu Khatulistiwa) khatulistiwa berada di Lipatkain yang terletak 79 km ke arah selatan Kota  Pekanbaru. Secara geografis, Lipatkain terletak pada garis lintang 0 derajat. Lipatkain merupakan salah satu ibu kota kecamatan di Kabupaten Kampar Provinsi Riau, tepatnya Kecamatan Kampar Kiri.

                        

Pada zaman dahulu Lipatkain hanya terdiri dari satu desa dengan nama wilayah Koto. Sekitar tahun 1980-an mulailah perkembangan dan pelebaran wilayah ke arah utara dengan nama "congke" atau dalam lebih dikenal dengan nama Cengkeh. Entah darimana nama ini berasal. Apakah disini pada dahulunya terdapat kebun cengkeh atau hanya sebutan orang-orang terdahulu. Allahualam.. Pada tahun 1978 pernah terjadi sebuah musibah kebanjiran di daerah hulu sungai Subayang. Peristiwa tersebut menyebabkan peradaban baru di daerah cengkeh makin meluas, diakibatkan banyak pengungsi yang datang dari masyarakat perkampungan hulu sungai. Pemerintah pada saat itu memberi bantuan berupa rumah tinggal untuk menampung korban banjir. Tepatnya di wilayah Suka Menanti dan Kayu Mas. Musibah ini dikenal dengan nama Musibah Kebanjiran Besar Tahun 78 yang disingkat MUSKARBET 78.

Kini Lipatkain sudah dibagi menjadi tiga wilayah yaitu Kelurahan Lipatkain, Desa Lipatkain Selatan, dan Desa Lipatkain Utara. Tugu Khatulistiwa tersebut terletak di desa Lipatkain Selatan.  Pada masa kolonial Belanda, di Lipatkain dibangun tugu khatulistiwa. Tugu yang di bangun pada masa kolonial Belanda tersebut sangat sederhana karena terbatasnya arsitek dan bahan material yang susah didapatkan. Sampai saat ini tidak ada seorangpun yang mengetahui tanggal pembuatan tugu khatulistiwa tersebut, dan juga tidak diketahui siapa peletak batu pertama. Kini Tugu tersebut telah berdiri dengan bangunan permanen, dan tugu tersebut dibangun permanen pada tanggal 28 September 1996 seperti tertera ditugu tersebut dan di Tugu ini terdapat Tulisan Tugu Khatulistiwa Lipat Kain - Kabupaten kampar - Riau - Sumatera dan juga terdapat
posisi Lipat Kain secara geografis yaitu 0 : 00 00 LU - 101 : 12 13 BT.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Lipatkain kampung halamanku, kami biasa menyebut dengan tugu telur gajah