Istana Sayap Pelalawan Kembali Dibangun

Pasca terbakarnya Istana sayap Pelalawan , pariwisata kabupaten pelalawan kehilangan rohnya,tidak lengkap jika berkunjung ke Pellawan tanpa mengunjungi Wisata Alam ombak Bono dan Wisata Sejarah Istana Sayap Pelalawan.  Bupati Pelalawan, HM Harris berjanji akan membangun kembali Istana Sayap Pelalawan.  Pembangunan kembali itu dilakukan agar situs budaya itu tidak hilang. Apalagi, Istana Sayap sudah identik dengan masyarakat Pelalawan. Sebagai bukti bahwa di Pelalawan dahulunya pernah ada sebuah keraajaan yang termasyhur namanya

Pembangunan kembali duplikasi Istana kebanggaan masyarakat Pelalawan tersebut dibiayai oleh pemerintah Kabupaten pelalawan dengan perkiraan biaya 13 milyar.Pembangunan kembali Istana Sayap Pelalawan  akan mulai pada APBD Perubahan tahun 2012 dan kembali dianggarkan  pada APBD tahun 2013. Pembagunan istana Sayap ini diperkirakan berlangsung 2 tahun.


Pemerintah Kabupaten Pelalawan bersama Tokoh masyarakat dan Lembaga Adat Melayu Pelalawan telah
sepakat untuk membangun Istana sayap sesuai dengan bentuk bangunan sebelumnya dan  mengubah  konstruksi bangunannya saja dari bahan bangunan sebelumnya, yang terbuat dari konstruksi kayu menjadi konstruksi dari beton dan bahan konstruksi lainnya yang refresentatif seperti Pemerintah Kabupaten Pelalawan  melalui Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Pelalawan telah membuat sebuah rendering dan perencanaan Masterplan Kawasan Tradisional Sejarah Istana Sayap. berikut rendering Perencanaan Pembangunan kembali istaa Sayap Pelalawan. 

                      

0 komentar: