Asrama Haji Riau Embarkasi Pekanbaru

Provinsi Riau saat ini sedang mempersiapkan diri menjadi embarkasi keberangkatan jemaah Haji. Berbagai sarana infrastruktur dan sarana pendukung telah dipersiapkan dengan matang.

Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag) dan Menteri Perhubungan (Menhub) telah mengatur mengenai  Persyaratan Embarkasi dan Debarkasi Haji. Pembentukan Embarkasi dan Debarkasi Haji harus dilakukan secara lebih cermat dan penuh pertimbangan, bukan hanya sekedar untuk meningkatkan prestise dan kebanggaran daerah belaka. Penetapan suatu wilayah menjadi Embarkasi/ Debarkasi Haji harus dilakukan melalui feasibility study dan melalui kajian berbagai aspek teknis maupun non teknis. Prinsip efensinsi dan effektifitas harus diutamakan dan dilakukan dengan langkah koordinatif dengan berbagai instansi terkait termasuk dengan pemerintah Arab Saudi, menyangkut adanya pembatasan slot time penerbangan haji. Sejauh ini kementrian Agama menilai Provinsi Riau dipandang layak untuk memiliki Embarkasi ditinjau dari jumlah jamaah dan kesiapan daerah, namun demikian ada beberapa hal teknis yang masih harus dilengkapi oleh Riau untuk dapat menjadi Embarkasi yaitu Asrama Haji, sejauh ini Provinsi Riau belum memiliki Asrama Haji.



Pemerintah Provinsi Riau telah menyiapkan sebuah area untuk pembangunan Asrama Haji, lokasi pembangunan Asrama haji tidak begitu jauh dari bandara Sultan Syarif kasim. Pemerintah Provinsi Riau telah merancang sebuah Asrama yang mewah dan megah dengan berbagai fasilitas dengan bernuansa islami dan melayu. Asrama ini nantinya hanya digunakan selama masa keberangkatan Ibadah Haji , dan juga dapat digunakan untuk acara keeagamaan lainnya seperti Darul Quran .




Sumber Gambar :
FINDO GROUP COMPANY

0 komentar: