Profil Drs.H.R.Mambang Mit calon Gubernur Riau

Selasa, 7 Februari 2012, 12 DPC Partai Demokrat Riau sepakat untuk mengusung Mambang Mit, Ketua DPD Demokrat Riau, Caretaker Pengprov PSSI Riau sekaligus Wakil Gubernur Riau sebagai calon Gubernur Riau dari Partai Demokrat. Dengan kursi yang dimiliki oleh Demokrat Riau yang termasuk 2 besar bersama Golkar, maka Mambang Mit merupakan salah satu kandidat bakal calon Gubernur Riau yang hampir dipastikan melaju dalam Pilkada Riau 2013.

Namun demikian Mambang Mit masih menunggu. Ketentuan Pilkada menurut UU sangat menentukan pilihan Mambang Mit. Ini sangat berarti dalam strategi pemenangan. Jika sistem pemilihan melalui anggota DPRD, tentu Mambang mencari cawagub yang memiliki pengaruh kuat di parpol, sebaliknya jika masih menggunakan pilkada langsung, tentu pendamping yang dipilih yang populer di mata masyarakat.
Semenjak kepemimpinan Demokrat di bawah kendali Mambang, prestasi Demokrat dalam pilkada Riau cukup menjanjikan. Jika pimpinan sebelumnya, Zulkifli AS dinilai gagal, yang meskipun calon-calon kepala daerah didukung mayoritas mutlak kursi di DPRD, tapi nyatanya keok, termasuk Pilkada Dumai sendiri yang mengusung Zulkifli AS. Di bawah Mambang, Demokrat memenangkan semua pilkada, di antaranya Pilwako Pekanbaru, Pilbup Kampar dan Pilbup Rohul. Semua keberhasilan ini merupakan motivasi besar bagi tokoh Riau asal Inhu yang biasa dipanggil ayah ini. Dukungan pun bahkan datang dari partai rival, diberitakan Yopi Arianto, Bupati Inhu, sekaligus Ketua DPC Golkar Inhu, memberikan dukungan terhadap Mambang Mit.

Namun demikian, langkah Mambang masih ada halangan. Ada empat kader demokrat yang dinilai potensial menjadi calon gubernur, yakni Mambang Mit, Achmad, Firdaus dan Jefri Noer, sementara Mambang sendiri sebagai bagian dari incumbent dianggap turut bertanggung jawab terhadap masalah kepemimpinan Riau saat ini.


Biografi

Mambang Mit lahir di saat derasnya perjuangan. Saat dilahirkan, ayahnya sedang bergerilya di hutan. Hanya sang paman yang membawa ibunya, Raja Nuraidah yang ada saat dia dilahirkan di Tanah Busuk, Air Molek, 13 April 1949. Oleh sang paman dia diberi nama M. Abdullah Syukur, karena bersyukur atas kelahirannya pada masa sulit itu. Namun, dua bulan kemudian, surat sang ayah, Raja Mit Niat,  mengubah namanya menjadi Raja Mambang Mit.


Pendidikan

Karir

Mambang Mit adalah birokrat asli dari PNS. Saat Rusli Zainal dan Wan Abu Bakar memenangkan pemilihan Gubernur dan dilantik tahun 2004 yang lalu, Rusli Zainal memilih Mambang yang saat itu Sekdako Batam sebagai Sekdaprov Riau. Mambang merupakan bantuan berharga bagi Rusli yang berasal dari swasta karena wakilnya Wan Abu Bakar juga bukan orang pemerintahan. Tetapi, keharmonisannya dengan Mambang menyebabkan hubungannya dengan Wan Abu Bakar retak. Dan pada Pilkada Langsung Riau, Rusli Zainal akhirnya resmi mengusung Mambang Mit menjadi Wakil Gubernur dan menang dengan gemilang.

Senin, 20 Desember 2010 Mambang Mit dilantik oleh Ketua Umum PB PGI Pusat Arifin Panigoro menjadi Ketua Umum Pengprov PGI (Persatuan Golf Indonesia) Riau.

Saat pembekuan Pengprov PSSI Riau yang dipimpin oleh Indra Mukhlis Adnan, yang merupakan calon gubernur Riau dari Golkar. Selama menjadi caretaker, Mambang berhasil meyakinkan ketua PSSI, Johar Arifin sehingga Riau menjadi tuan rumah event sepakbola internasional, Piala Asia U-22.


Penghargaan

Pada Jumat , 25 April 2008, Mambang Mit mendapat penghargaan Bintang Legiun Veteran RI (LVRI) yang diserahkan secara simbolik oleh Ketua DPP LVRI, Soemartono.  (riaucodingcom)

0 komentar: