RUMAH ADAT RIAU

on 8 Juni 2012

Riau sangat kaya akan ragam seni dan budaya, Berbicara mengenai Rumah adat Riau tentunya tidak terlepas dari Ragam dan Bentuk dari rumah adat Kabupaten dan Kota di Provinsi Riau. Bentuk rumah tradisional daerah Riau pada umumnya adalah rumah panggung yang berdiri diatas tiang dengan bangunan persegi panjang. Dari beberapa bentuk rumah ini hampir serupa, baik tangga, pintu, dinding, susunan ruangannya sama , dan memiliki ukiran melayu seperti selembayung, lebah bergayut,pucuk rebung dll. Di Riau setidaknya terdapat beberapa jenis Rumah adatseperti  Rumah Limas, Rumah Lontiok

 

SELASO JATUH KEMBAR


Rumah Adat Riau diinterpresentasikan dengan nama Selaso Jatuh Kembar atau biasa disebut juga dengan Salaso Jatuh kembar.  
Pada tahun 1971 Gubernur Riau Arifin Ahmad membentuk tim 9 yang berisikan Budayawan dan pemikir Melayu, tim 9 ini bertugas untuk membuat dan mendesain Rumah Adat Riau yang dijadikan Anjungan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Tim 9 bekerja dengan melakukan riset keliling Riau, hingga kemudian lahirlah dan muncul sebuah Rumah yang kemudian menjadi Rumah Adat Riau dengan nama Selaso jatuh kembar. Rumah Selaso jatuh Kembar dipopulerkan oleh Gubernur Riau Imam Munandar sebagai Rumah Adat Riau.

Rumah Selaso Jatuh atau adalah bangunan seperti rumah adat tapi fungsinya bukan untuk tempat tinggal melainkan untuk musyawarah atau rapat secara adat. Balai Salaso Jatuh mempunyai selasar keliling yang lantainya lebih rendah dari ruang tengah, karena itu dikatakan Salaso Jatuh. Semua bangunan baik rumah adat maupun balai adat diberi hiasan terutama berupa ukiran. Di puncak atap selalu ada hiasan kayu yang mencuat keatas bersilangan dan biasanya hiasan ini diberi ukiran yang disebut Salembayung atau Sulobuyung yang mengandung makna pengakuan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Selasar dalam bahasa melayu disebut dengan Selaso. Selaso jatuh kembar sendiri bermakna rumah yang memiliki dua selasar (selaso, salaso) yang lantainya lebih rendah dari ruang tengah.








Ranking: 5

{ 4 komentar... read them below or add one }

Obat Anemia Kurang Darah mengatakan...

kirain saya hiasan yang berada di atas tumah itu gak ada maknanya,eh ternyata ada maknanya,makasih gan artikelnya sangat menambah pengetahuan saya,thanks atas infonya......?


9 Juni 2012 01.31
Obat Herbal Kanker Otak mengatakan...

selain rumahnya bagus eh ternyata ada maknanya juga,thanks atas infonya.....?


9 Juni 2012 17.58
Muhammad Haqky mengatakan...

kalau di tmii itu setau saya rumah adat riau "lontiok"

nih fotonya http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/0/02/TMII_Riau_Pavilion_Malay_House_04.jpg/1024px-TMII_Riau_Pavilion_Malay_House_04.jpg

mampir sejenak ukurbumi.blogspot.com


26 Juni 2012 00.40
Marin Kurniawan mengatakan...

Rumah lontiok itu memang rumah adat Riau. Tp rumah adat tersbt ciri khas kab. Kampar tepatnya Bangkinang. Di Riau mempunyai macam2 rumah adat. Mungkin sama juga dengan propinsi2 lain.


24 September 2012 08.58
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
© RIAU DAILY PHOTO | All Rights Reserved
D.I.Y Themes ByRIAU DAILY PHOTO