Kesah Asap : Lawan Asap dengan Pameran

Ihsan seorang remaja tanggung Mahasiswa UIN sedang asyik melihat satu persatu photo, karikatur dan blog di Atrium Rokan Mall SKA Pekanbaru. Sembari menenteng kamera DSLR miliknya,Ihsan sangat antusias menjelaskan photo-photo tersebut kepada pengunjung lain. Ternyata Ihsan merupakan salah satu team dari Kesah Asap yang menaja Pameran Photo, Karikatur dan Blog. Acara ini berlagsung dari tanggal 4 hingga 12 April 2014. Dan Opening Ceremonynya dilakukan pada tanggal 5 April.  Acara ini adalah bentuk protes dengan cara yang kreatif dari masyarakat Riau yang sudah bosan  dengan penderitaan asap selama 17 tahun terakhir.

Kesah Asap Pameran Foto, Karikatur dan Blog ini bertajuk I Love The Blue , mungkin I Love The Blue bermakna kami rindu atau cinta dengan Langit Biru, maklum selama beberapa bulan terakhir langit Pekanbaru dan Kabupaten/kota lainnya di Riau dipenuhi Kabut asap , sehingga warga Riau sangat merindukan langit biru yang jernih dengan awan putih dan sinar mentari yang indah. Alih-alih melihat langit biru, apa yang mereka lihat sehari-hari di luar rumah saat ini hanyalah kabut asap tebal yang bahkan untuk bernafas saja cukup susah dan mentaripun enggan untuk tersenyum dipagi hari,matahari berubah warna menjadi oren ataupun sama sekali tidak terlihat begitupula dengan rembulan malam yang enggan menampakkan dirinya.
Photo Kiriman dari Masyarakat
source : http://www.kicauanvina.com/2014/04/event-i-love-blue-kesah-asap-edisi-riau.html
Bencana Kabut asap diriau adalah bencana tahunan yang terus terjadi, lebih kurang selama 17tahun bencana ini selalu ada, semenjak tahun 1997 hingga 2014 kabut asap terlalu terjadi, bencana ini disebabkan musim kemarau dan juga pola ataupun cara pihak tertentu yang sengaja membakar hutan ataupun lahan, dengan cara membakar mereka akan menghemat waktu dan biaya.

Melihat kenyataan tersebut, beberapa anak muda kreatif yang dipelopori Oleh Enje, Mas Shodik Purnomo dkk tergerak untuk melakukan aksi protes melalui Pamran Photo, Karikatur dan Tulisan (blog). Hingga akhirnya lahir KESAH ASAP. Kesah Asap merupakan bentuk keprihatinan masyarakat Riau untuk berbuat sesuatu terhadap bencana asap yang selalu terjadi setiap tahun dibumi Lancang Kuning. Pameran Kesah Asap ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian semua pihak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan. 
Salah Satu Karikatur dari SIKARI
source : http://www.kicauanvina.com/2014/04/event-i-love-blue-kesah-asap-edisi-riau.html

Berdasarkan pantauan kami dilokasi pameran, photo yang ditampilkan merupakan photo kiriman dari masyarakat  Riau dari berbagai daerah yang terkena bencana asap,bahkan juga ada salah satu photo kiriman dari Warga Jepang dan juga beberapa Photo dari Satgas Karhutla Riau. Pameran Kesah Asap ini melibatkan sejumlah anak muda kreatif dari Komunitas SIKARI yang memberikan kaikatur terbaik mereka mengenai asap Riau dn juga tulisan-tulisan dari Komunitas Blogger Bertuah Pekanbaru, tidak hanya pameran, kesah asap ini juga menampilkan Talkshow, performance musik, dan juga penampilan menarik dari Stand Up Comedy Pekanbaru.
                                          Tulisan dari Anggota Blogger Bertuah Pekanbaru                                                                               
Melalui Akun Facebooknya Shodik Purnomo salah satu penggiat Kesah Asap mengatakan "kami hanya ingin Pameran ini 1x saja, dan ini yg terakhir" dan Semoga ini menjadi yang pertama dan terakhir kalinya dan tahun depan sudah tidak ada lagi asap dan tidak ada lagi Pameran Kesah Asap Riau. 

 

0 komentar: