FLY OVER PEKANBARU KOMBINASI KULTUR MELAYU DAN MODERNISASI

Pekanbaru Ibu Kota Provinsi Riau tengah bersolek dalam menghadapi Perhelatan Olahraga terbesar di tanah Air. Berbagai infrastruktur dibangun, infrastruktur yang ada dipercantik. Beberapa fasilitas gedung Olahraga dibangun dengan Konsep Green, Bandara diperbesar,begitupula dengan sarana transportasi, salah satu diantaranya pembangunan 2 (dua) fly over di ruas jalan Jenderal Sudirman.

                        

                
Pembangunan 2 fly over di ruas Jalan Jendral Sudirman mempercantik tata ruang Kota pekanbaru, pembangunan fly over dimaksudkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas. Fly over berornamen Melayu yang merupakan cerminan semangat inovasi dan nilai-nilai perkembangan, kebersamaan dan kekompakan masyarakat Melayu di Bumi Lancang Kuning.
Masyarakat Riau  selalu ramah dan hangat menerima siapa pun yang datang ke daerah Riau, dengan muka jernih dan hati yang bersih.

                                

Tak khayal lagi kiranya fly over tersebut pantas disebut kombinasi  kultur melayu dan modernisasi, fly over tersebut dibangun dengan megah secara modern dan tanpa menghilangkan kultur dan identitas lokal melayu. Kombinasi motif dan pilihan warna dengan nuansa kultur Melayu menjadikan jembatan layang itu kian menawan. Bangunan dengan ornamen Melayu itu, tentu membuat masyarakat tempatan dan pendatang menyadari sedang berada di Provinsi Riau yang kental dengan budaya Melayu.

                               


Motif Pucuk Rebung Khas melayu, motif itik pulang petang dan perahu lancang kuning  menghiasi beberapa bagian dari fly over. Dan semua ornamen dan motif khas melayu tersebut diberi warna dengan warna khas melayu. Dari motif  pucuk rebung, itik pulang petang hingga perahu lancang kuning tampak tertata rapi di bangunan yang akan menjadi kado Hari Ulang Tahun Provinsi Riau ke-55 itu.

                                                   

Provinsi Riau memiliki Visi Riau 2020 yaitu menjadikan Riau sebagai Pusat kebudayaan Melayu di Asia Tenggara, dan fly over dengan motif Melayu merupakan wujud keseriusan Pemerintah Provinsi Riau dalam mendukung pengembangan budaya Melayu menuju Visi Riau 2020. Selain itu fly over dengan sentuhan motif Melayu ini  juga menjadi ajang sosialisasi bagi dunia luar.

                               





  

6 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap bang, gaya bahasnya bagus dan angle gambarnya bagus

Tengku Rizky Hamdani mengatakan...

bagus..tpi harus di jaga ya..jgn sampai dicorat coret orang "gila" .biasanya budaya indonesia kan bgtu..

Kambuik mengatakan...

Tugas kita sebagai masyarakat RIAU... untuk menjaga asset yg sangat berharga ini, karena untuk mendapatkan ini kita menunggu cukup lama...

irwan mengatakan...

Jadi contoh tuk pondasi jembt layang di kota2 lainnya agar terlihat serasi dan tidak jorok.

irwan mengatakan...

Jadi contoh tuk pondasi jembt layang di kota2 lainnya agar terlihat serasi dan tidak jorok.

Jaelani, S.Pd mengatakan...

Mantaaaaaaaaaaaaaaaaaapppppppp.......Gue Bangga jadi warga Pekanbaru....