TUGU COUNTDOWN PON XVIII TAHUN 2012 PROVINSI RIAU : 365 HARI JELANG PENYELENGGARAAN PON XVIIII RIAU-2012

Pekan Olahraga Nasional (PON) merupakan event olahraga nasional yang diselenggarakan kurun waktu 4 (empat) tahun dan event tersebut merupakan titik kulminasi kegiatan keolahragaan dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan prestasi olahraga nasional.


Countdown diartikan sebagai perhitungan mundur yang sangat diharapkan untuk dapat dijadikan sebagai momentum pengingat bahwa Provinsi Riau mempunyai tanggung jawab yang besar sebagai pelaksana yang bermuara pada penyelenggaraan PON XVIII tahun 2012 pada tanggal 9 September 2012 mendatang dengan menjalankan catur sukses PON XVIII Tahun 2012 yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi nasional, sukses pemberdayaan ekonomi kerakyatan, sukses promosi daerah. Kegiatan Tugu Contdown ini dimaksudkan untuk memberi kesan berbeda sehingga seluruh lapisan masyarakat khususnya Riau lebih sigap dalam menyikapi egala persiapan menjelang 1 tahun (365 hari) penyelenggaraan event olahraga nasional.


Tujuan Pelaksanaan Contdown PON XVIII Tahun 2012
  1. Sebagai momentum pengingat bahwa pelaksanaan PON XVIII Tahun 2012 tinggal 365 hari lagi dan tugas besar bagi Panitia PON XVIII Tahun 2012 beserta segenap lapisan masyarakat untuk mensukseskannya.
  2. Menjaga antusiasme masyarakat Riau akan PON XVIII Tahun 2012 dengan memberikan sebuah presentasi kesiapan dan apresiasi atas kerja dan dukungan dari semua pihak
  3. Memasyarakatkan budaya Melayu Riau yang ramah dan mampu beradaptasi dengan perkembangan dunia kepada masyarakat melalui kegiatan seni dan budaya



Makna dari Tugu Countdown PON XVIII Tahun 2012 :
  1. Tinggi 9 meter : Melambangkan tanggal penyelenggaraan PON XVIII tahun 2012
  2. Bentuk 2 buah tower : Bentuk abngunan melengkung (melambangkan kedinamisan aktifitas olahraga), dua buah tower yang tidak sama tinggi (melambangkan perlombaan atau kompetisi yang sportif untuk menjadi yang terbaik (sang juara)
  3. Buku : Sebagai simbol Al-Quran yang melambangkan Al-Quran menjadi pedoman dalam bertindak dan berperilaku dalam apapun jua
  4. Anak Tangga yang berjumlah lima 5 anak tangga : Melambangkan Rukun Islam sebagai ketentuan utama masyarakat melayu Riau
  5. Tower yang dikelilingi kolam : Melambangkan "back nature" sebagai dasar berpijak dan moto "go green" yang dicanagkan Pemerintah Provinsi RIAU.

Di Bumi Riau Terbilang
Kita Wujudkan PON Gemilang

Di Riau Bumi Bertuah
               Kita Wujudkan PON Bermarwah

Di Riau Negeri Yang Aman
Kita Wujudkan PON yang Nyaman

Menyambut PON di Bumi Melayu
Rakyat Riau Bersatu Padu




3 komentar:

rendratwa mengatakan...

dibalik Tugu Countdown PON XVIII Tahun 2012 yang terlihat megah, ternyata terdapat tujuan dan makna yang sangat mengandung arti. semoga PON XVIII Tahun 2012 Provinsi Riau terlaksana dengan sukses.

attayaya mengatakan...

tugu countdown ato tugu kondom pake jam mati

Neyna Naya mengatakan...

hihihi keren dah ni tugu pertama selama pelaksanaan PON, tapi sayang belum siap tugunya