SEMAH LAUT

Semah Laut adalah Ritual pemujaan laut. Di daerah Riau, Ritual Semah Laut dapat kita jumpai di daerah Panipahan Rokan Hilir, Bengkalis, Tembilahan serta daerah lain terutama di pesisir. 

Di Panipahan Rokan Hilir, ritual Semah Laut ini dilakukan oleh para nelayan dan acar dipimpin oleh Bathin, mereka menggunakan pakaian khas berwarna kuning, dan ritual diiringi mantra yang dikemas dalam lagu serta diiringi bunyi gendang, gong dan alat musik tradisional lainnya.


Tujuan dilakukannya ritual Semah Laut atau pujaan terhadap laut, agar hasil tangkapan ikan nelayan dapat banyak.
Di laut diyakini banyak ditemukan makhluk halus yang biasa disebut mambang ataupun jin, mambang ataupun jin ini dianggap datang mendatangkan bahaya bagi para pelaut atau nelayan. Dan untuk menghindari makhluk halus ini maka diadakanlah suatu upacara yang dikenali sebagai semah laut.

Dalam ritual semah laut ini, peserta ritual semah laut memperagakan beberapa gerakan ilmu bela diri dan mereka saling berkelahi, dan juga ada peserta yang mengalami kesurupan karena dirasuki oleh makhluk halus.



4 komentar:

attayaya-peta mengatakan...

blogku juga perlu disemah
agar bisa menghasilkan dollar yg banyak

attayaya-cerita mengatakan...

jadi....
kapan nak nyemah blogku?

top 1 mengatakan...

semh blog ku jg

Anonim mengatakan...

Artikel ini memberikan ide yang jelas untuk pemirsa baru dari blogging , yang benar-benar bagaimana melakukan blogging dan situs - bangunan.