MESJID BERSEJARAH DI RIAU

MESJID RAJA PERANAP

Mesjid Raja Peranap ini didirikan pada tahun 1883 dan diarsiteki oleh muallaf dari Tionghoa. Mesjid ini berada di Jalan Sutan Ibrahim Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri Hulu. Mesjid Raja Peranap atau juga dikenal dengan Mesjid Raja Muda atau Sutan Muda Indragiri hingga saat ini masih asli dan terawat dengan baik. Mesjid ini terbuat dari kayu alami yang begitu kokoh. Mesjid ini sama sekali tanpa direnovasi, kecuali pengecatan . Ornamen dan arsitektur asli Mesjid tetap dipertahankan.



MESJID JAMI' AIR TIRIS

Masjid Jami terletak di Pasar Usang Desa Tanjung Tanjung Berulak Air Tiris, Kampar, sekitar 52 km dari Pekanbaru. Masjid ini didirikan pada 1901 atas prakarsa Engku Mudo Sangkal, seorang ulama yang mengkonsolidasikan potensi ninik-mamak dan cerdik pandai dari-20 desa di Air Tiris. Masjid ini selesai pada tahun 1904 yang diresmikan dengan meriah oleh seluruh masyarakat dengan Air Tiris dengan ritual membantai 10 ekor kerbau.


MESJID HIBBAH PELALAWAN


Mesjid Hibah dibangun pada tahun 1936 pada masa pemerintahan Pangeran Marhum Tengku Budiman. Masjid ini telah direnovasi total . Photo Mesjid Hibbah sebelum direnovasi dapat dilihat di Mesjid Hibbah Sebelum Direnovasi



 Masih akan terus diupdate Beberapa Mesjid Bersejarah lainnya di Riau !


Sumber :
Mesjid Raja Peranap
Mesjid Jami' Air Tiris
Mesjid Hibbah Pelalawan dan Mesjid Hibbah Pelalawan Tempo Dulu