Rumah Batu dan Gua Serombau

Objek Wisata Gua Serombau ini biasa disebut juga dengan Rumah Batu Serombau, bahkan gua ini lebih populer disebut dengan Rumah Batu Serombou.
Rumah Batu Serombou ini berada  di Kabupaten Rokan Hulu tepatnya Desa Serombau Indah Kecamatan Rambah Hilir.
 
 
 
Rumah Batu atau Gua Serombau ini bagi masyarakat sekitar cukup famiiar dengan cerita yang turun temurun, dahulu dikisahkan dalam gua ini terdapat Ular berkepala tiga dan juga harimau, bahkan suara auman harimau yang berada dalam gua ini didengar hingga ke perkampungan terdekat. Selain itu juga terdapat cerita yang telah mengakar di Masyarakat Rokan Hulu terhadap gua ini. yaitu terdapat sebuah perkampungan  yang dihuni masyarakat yang jauh dari nilai-nilai agama. Kondisi masyarakat sangat kacau dan bisa dikatakan sangat jauh dari aturan-aturan agama. Melihat kondisi tersebut, seorang yang paling sakti diantara warga kampung tersebut bersumpah untuk kehancuran kampungnya. Maka disumpahlah seluruh warga kampung menjadi tiga buah batu yang bentuknya seperti rumah untuk berteduh. Batu itu kini dikenal dengan sebutan batu rumah serembau. 
 



Gua atau Rumah Batu
Serombau memiliki bentuk unik yaitu bebatuan besar yang berjumlah tiga yang menyerupai jamur atau payung, dengan bagian bawah yang mengecil dan bagian atas yang melebar. Batu ini menyerupai rumah yang bisa dijadikan tempat berteduh orang-orang yang duduk di bawahnya sehingga Gua inni disebut  rumah batu serombau. 
 
Berikut  Video Gua Serumbau


0 komentar: