Viki Lestari, Anak Penjual Gorengan Berhasrat Menjadi Atlet Selancar

Di siang yang terik, seorang  remaja Teluk Meranti berperawakan tomboi begitu bersemangat untuk berselancar, ketika kami menghampiri ia berkata lagi latihan Om untuk persiapan besok di Final. Ternyata Si"tomboi" tersebut merupakan salah satu finalis Berselancar Festival Bekudo Bono 2013 untuk kelas amatir (pemula), ia berhasil menyisihkan peserta lainnya dan uniknya lagi si "tomboi" ini menjadi satu-satunya peserta wanita, dan akhirnya ia menjadi pemenang ketiga.
                       

Si tomboi ini bernama Viki Lestari, ia merupakan pelajar SMPN 1 Teluk Meranti. SI Viki layak disebut dengan Srikandi Bono. Karena ia adalah perempuan lokal pertama Teluk Meranti yang yang berani mengarungi bono dan berselancar di atasnya.

Dalam bincang singkat Vicki dengan Bapak Nizamul kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Riau, terungkap bahwa Viki telah belajar berselancar semenjak berusia 10tahun, namun saat itu Viki belajar berselancar melalui Papan Kayu dan itu dilakukannya di Perkampungan Teluk Meranti selepas Ombak Bono Pasang menghampiri pemukiman masyarakat. Dan di usia 12 tahun Viki mulai memberanikan diri untuk berselancar di Ombak Bono Sungai Kampar.

                        
Ketika ditanya siapa orang yang berperan dalam mendidik ia berselancar, Viki menjawab David Baladec. Baladec merupakan Perselancar Asal jerman yang mengajarkan Viki berselancar secara teknis, dan kemudian Viki beljar dari perselancar asing lainnya yang berselancar di Teluk Meranti dn Viki juga banyak belajar dari perselancar loka Teluk Meranti yang lebih senior.

Viki bercerita ia ingin menjadi atlet selancar, namun ia juga berharap dapat menyelesaikan pendidikan, bagaimanapun pendidikan yang utama menurut Vicki. Viki berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan ke luar kota dan ia berharap ada bantuan pendidikan berupa beasiswa. Ayah Viki sehari-hari bekerja sebagai Petani, sementara Ibunya Farida hanya penjual Gorengan di sekitar Wisma Mega Lestari Teluk Meranti. Anak kedua dari tiga bersudara ini berharap dirinya nanti dapat menjadi atlet selancar. Keinginan Viki ini diamini oleh Bapak Nizamul, dan Nizamul berharap Viki nantinya dapat menjadi Atlet selancar, selain itu Nizamul 
juga berharap Ombak Bono Sungai Kampar dapat mencetak Viki Viki lainnya. (he)

0 komentar: