BUS TRANS METRO PEKANBARU

Penduduk Kota Pekanbaru saat ini berjumlah lebih kurang 1.000.000 jiwa dan setiap tahunnya bertambah. Saat ini jumlah kendaraan Pribadi di Kota Pekanbaru tidak sebanding dengan jumlah ruas jalan yang ada sehingga menyebabkan kemacetan, pemborosan penggunaan bahan bakar, kebisingan serta tingginya tingkat polusi dan pemandangan yang tidak enak karena lalu lintas yang semrawut. Untuk menyikapi masalah tersebut pemerintah Kota Pekanbaru mengeluarkan kebijakan pelayanan transportasi perkotaan Sarana Angkutan Umum Massal (SAUM) dan diberi nama TRANS METRO PEKANBARU. "Trans Metro Pekanbaru" dilaksanakan berdasarkan surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP. 111 tahun 2009 dimana Kota Pekanbaru termasuk Kota Percontohan di Bidang Transportasi.

Bus Trans Metro Pekanbaru


Trans Metro Pekanbaru diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kemacetan secara bertahap dan terprogram bagi masyarakat. Pada awal operasional Bus Trans Metro Pekanbaru mendapat bantuan dari Kementrian Perhubungan berjumlah 20 unit untuk 2 koridor pertama.

Trans Metro Pekanbaru



Bus TRANS METRO PEKANBARU menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan sehingga bisa mengurangi tingginya polusi, berkapasitas 33 penumpang duduk dan 32 penumpang berdiri serta beberapa tempat untuk penumpang penyandang cacat yang menggunakan kursi roda dan dilengkapi AC, informasi tempat pemberhentian halte secara elektronik dan juga mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang. Setiap 10 menit sekali bus TRANS METRO PEKANBARU berhenti di halte -halte khusus dan bus ini memiliki jadwal dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 22.00, dan tidak harus menunggu penumpang penuh, karena sopirnya digaji bulanan tetap, bukan harus mengejar setoran untuk mendapatkan gaji seperti yang terjadi pada bus-bus kota pada umumnya.

Trans Metro Pekanbaru
Suasana didalam Bus Trans Metro Pekanbaru


Rute Jalan atau Trayek Sarana Angkutan Umum Massl (SAUM) Trans Metro  Pekanbaru direncanakan nantinya akan dapat melayani dan mengatasi seluruh problem angkutan perkotaan Pekanbaru dan akan melintasi seluruh ruas jalan Pekanbaru, dan saat ini Trayek Bus Trans Metro terus berbenah guna dalam rangka pelaksanaan PON XVIII  Riau yang akan dilaksanakan di tahun 2012 nanti. 

Trans Metro Pekanbaru
Trayek Bus Trans Metro Pekanbaru

Selain trayek yang ada di Gambar diatas, selanjutnya Bus Trans Metro Pekanbaru,akan melayani Trayek berikut :

TERM. BRPS – KULIM (Via Jalan Riau) :  Term. BRPS – Jl. T. Tambusai – Jl. Sukarno Hatta – Jl. Riau – Jl. A. Yani – (pasar wisata) – Jl. Ir. Juanda – Jl. Sudirman – (pelita pantai) – Jl. Surman – Jl. Hangtuah – Kulim – Jl. Hangtuah – Jl. Sudriman – (bundaran Air Mancur) – Jl. Sudriman – Jl. Sam Ratulangi – Jl. A. Yani – Jl. Riau – Jl. Sukarno Hatta – Jl. T. Tambusai – Term. BRPS.

RENCANA KORIDOR 5 PELABUHAN SUNGAI DUKU : Pel. Sei. Duku – Jl. Tj. Datuk – Jl. Dr. Sutomo _ Jl. Setia Budi – Jl. Sudirman – Jl. Gajah Mada – Jl. P. Diponegoro – Jl. Pattimura – Jl. S. Parman – Jl. Dr. Sutomo – Jl. Hangtuah _ Jl. A. Dahlan – Jl. Sisingamangaraja – Jl. Dr. Sutomo – Jl. Tj. Datuk – pel. Sei Duku. * b. Pel. Sei. Duku – Jl. Tj. Datuk – Jl. Dr. Sutomo – Jl. Sisingamangaraja – Jl. A. Dahlan – Jl. Hangtuah – Jl. Dr. Sutomo – Jl. S. Parman – Jl. Setia Budi – Jl. Dr. Sutomo – Jl. Tj. Datuk – Pel. Sei Duku.


TERM. BRPS – TORGANDA (2013) :  Ter. BRPS – Jl. T. Tambusai – Jl. S.M. Amin – Jl. H.R. Subrantas – Jl. Sukarno Hatta – Jl. K.H. Nasution – Jl. Raya Pasir Putih – Torganda – Jl. Raya Pasir Putih – Jl. K.h. Nasution – Jl. Sukarno Hatta – Jl. H.R. Subrantas – Jl. S.M. Amin – Jl. T. Tambusai – Term. BRPS. 
Trans Metro Pekanbaru
Ukiran Selembayung Melayu Riau yang terdapat di Bagian Sisi Bus Trans Metro Pekanbaru


Ada yang unik dan khas di Bus Trans Metro Pekanbaru, Bus lebih menampilkan dan mengedepankan unsur melayu di bagian sisi luar Bus terdapat gambar motif selembayung melayu Riau dan juga flora dan fauna khas Pekanbaru dan Riau, dan selama perjalanan menggunakan bus kita akan diiringi alunan musik melayu Riau, walau kenyataannya saat ini justru lagu yang didengarkan bukan musik melayu ,tetapi musik dari daerah lain.

Trans Metro Pekanbaru
Ikan Selais (Gambar Flora dan Fauna Riau di Bagian sisi Bus)




Sumber :
Attayaya.net
Courtesy of DINAS PERHUBUNGAN KOTA PEKANBARU (scanned by scoty_and, uploaded on flickr by lancang_kuning) / Kredit Photo

0 komentar: